Batam Rusuh

Miris banget liat keadaan Batam sekarang, akibat demonstran buruh berkaitan dengan kenaikan UMK kota Batam kini menjadi tak karuan, Batam rusuh. Pos polisi, kendaraan plat merah, fasilitas umum maupun gedung-gedung pemerintahan dirusak dan dibakar.

Tidak hanya itu, akibat dari demontrasi ini pun menimbulkan korban tewas (menurut saksi yang melihat langsung korban meninggal disekitar BCS Mall) dan puluhan orang luka-luka. Baku hantam, tembakan dan saling melempar batu pun tak terelakan dalam demontrasi ini. Jalanan menjadi macet karena masa pendemonstran yang luar bisa banyaknya.

Entah siapa yang harus disalahkan disini? yang pasti kerugianlah yang ditinggalkan baik materi maupun prasarana umum yang telah rusak.

Dan yang pasti kami (mahasiswa Politeknik Negeri Batam) juga direpotkan dengan adanya demo ini, karena akses jalur demontrans sendiri melewati kampus dan pastinya kami galau dan merasa takut saat pergi dan pulang kuliah. Walaupun di dalam kampus aman dan tertram, hanya saja dari beberapa cerita sahabat mengatakan saat ingin pergi kuliah dicegat para pendemonstran untuk ikut serta dalam aksi ini (waswas) dan juga takut akan menjadi salah sasaran karena adanya baku tembak.

Hanya bisa berdoa besok (25/11) tidak akan ada lanjutannya lagi walaupun dari isu yang beredar besok adalah puncak dari demo yang telah dilaksanakan dua hari berturut-turut. Pray for Batam, semoga cepat aman dan tentram seperti sediakalanya, AMIN. (ra)

Berikut beberapa dokumentasi dari aksi pada tanggal 23-24 November 2011

Raihana
Raihana
Raihana
Raihana
Raihana
Raihana

1 comment:

BlogS of Hariyanto said...

sepertinya, hampir seluruh kota di Indonesia, mudah sekali terpicu kerusuhan,
hmm, rasa aman itu perlahan berganti menjadi rasa was-was