Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda, apa yang kamu tahu dari dua kata tersebut? sebuah sumpah atau seorang pemuda? hahaaa. Kenapa pertanyaan itu yang harus aku tanyakan? hal ini karena jiwa-jiwa muda *pemuda* saat ini kurang atau bahkan tidak tahu akan makna sumpah pemuda tersebut, mungkin aku termasuk salah satunya. Untuk itu mari kita ulas sedikit tentang sumpah pemuda dan mengapa hari ini (28/10) atau bahkan setiap tanggal dan bulan yang menyatakan perayaan akan sumpah pemuda ini selalu dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dari hasil searching dan pembelajaran sejarah semasa sekolah dan pederbatan saat mata kuliah kewarganegaraan serta pemahaman dari aku sendiri makna dari sumpah pemuda adalah eksistensi pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana pemuda Indonesia saat ini dan yang akan datang mampu atau bisa bahkan mungkin wajib tuk selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia. Salah satunya yaitu dengan selalu mengingat kemajemukan yang telah dirajut menjadi satu keutuhan yakni, Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Semoga kita bisa mengingat dan akan selalu menjaga kemajemukan  menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri, Indonesia. Amin (ra)

No comments: