Pengalaman Organisasi


Sejak aku menjadi mahasiswi di Politeknik Negeri Batam, aku telah terjun di dunia organisasi. Dimulai dari mengikuti kepanitian dalam kegiatan-kegiatan yang awalnya hanya suatu keterpaksaan saja (Maba wajib menjadi panpel). Namun karena  hal itu kini aku  sangat berterima kasih atas “keterpaksaan” tersebut.

Aku pun mulai merambah ke berbagai macam organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada. Pergerakkan aku dalam organisasi dimulai dari magang di BEM sebagai anggota INFOKOM walaupun waktu itu kemauanku ditempatkan sebagai anggota Minat dan Bakat. Berikut ormawa yang pernah dan masih aku ikutin :


  •  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Batam, disini aku menjabat sebagai anggota kesekretariatan periode 2010-2011. Disinilah aku menemukan jiwa keorganisasianku yang sesungguhnya, banyak hal gila yang terjadi disini (akan selalu terkenang dan tesimpan di memoriku).
  • Komunitas Pecinta Alam (K-PAL) Politeknik Negeri Batam, disini aku menjabat sebagai sekretaris umum periode 2011-2012. Banyak suka dan duka di organisasi ini, semoga kedepannya lebih maju dan lebih baik lagi, Hamasah.
  • Kumpulan Anak Seni (KuAS) Politeknik Negeri Batam, disini aku menjabat sebagai bendara umum periode 2009-2011. Inilah ormawa yang aku dan kawan-kawan lainnya bentuk dari awal karena kecintaan kami akan seni.
  • Ikatan Muslim Mahasiswa Politeknik Batam (IMMPB) disini aku menjabat sebagai anggota divisi Syi’ar periode 2009-2010. Mohon maaf atas ketidak aktifan aku selama kepengurusan.
  • Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Politeknik Negeri Batam, disini aku menjabat sebagai anggota divisi kaderisasi periode 2010-2011. Awal kepengurusan aku terbilang aktif namun seterusnya aku kurang aktif, mohon maaf ya.
  • Lembaga Pers Mahasiswa (Paradigma LPM) Politeknik Negeri Batam, disini aku menjabat sebagai anggota divisi Litbang periode 2011-2012. Aku mulai suka menulis dan kuputuskan untuk bergabung dalam ormawa ini berharap mendapatkan pengalaman menulis dan di awali dengan menjadi wartawan kampus (semoga kedepannya menjadi wartawan yang ternama, amin).
Ormawa diatas merupakan organisasi kampus yang aku geluti dari sejak aku masih maba hingga kini. Aku sadari dari beberapa organisasi tersebut banyak kelalaian yang aku lakukan, jangan pernah ditiru ya!!!. Kedepannya aku akan jadikan pengalaman untuk ke depannya untuk lebih fokus dan lebih bertanggung jawab atas apa yang aku pilih dan putuskan.

Selain organisasi kampus, kini aku juga memilih untuk terjun ke organisasi di luar kampus. Tentu saja organisasi yang tidak jauh dari peran aku sebagai mahasiswi, yaitu Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Batam.

Awal aku mengikuti organisasi KAMMI, sebenarnya aku di ajak oleh kakak tingkatku di Politeknik Negeri Batam. Namun aku tidak langsung menerimanya, banyak pertimbangan dan mencari tahu apa sebenarnya KAMMI itu. Setelah itu barulah aku memutuskan untuk menerima ajakan senior tersebut. Kini aku pun tak menyesal telah memutuskan tuk bergabung dengan KAMMI, karena disini aku banyak belajar memperdalam ilmu agama, belajar tentang hidup dengan aturan-aturan islam, belajar memahami ukhuwah, belajar tentang hal-hal yang belum aku ketahui, dan insya allah berdakwah dijalan yang memang seharusnya.

Demikian coretan singkatku dalam dunia organisasi, banyak hal yang aku dapatkan dari organisasi. Dengan oraganisasi aku mampu berbicara di depan umum, dengan organisasi kita belajar berpikir luas, dengan organisasi aku tahu bagaimana dalam membuat proposal, dengan organisasi aku memiliki banyak links, dengan organisasi aku dikenal orang, dan dengan organisasi keberadaanku diperhitungkan.

So, ayo kawan-kawan jangan ragu tuk berorganisasi karena tidak ada ruginya bahkan banyak hal yang akan kita dapatkan dari pengalaman organisasi. Mulailah dari sekarang selagi muda jikalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi?. (ra)

No comments: