Korea

Banyak hal yang membuat aku tertarik dengan korea, salah satunya adalah pada saat aku mempunyai teman  korea dari dunia maya. Namanya Min gyu biasanya aku memanggilnya min chan, kami sering share tentang apapun itu (kebudayaan, agama, pendidikan, fashion, dll).

Dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan di Korea sangat disiplin dibandingkan dengan amerika (setelah aku mendengarkan cerita min chan). Menurut cerita dari sahabat maya ku ini, dia harus bangun pagi-pagi sekali karena harus mengejar bus sekolah yang hanya ada pada jam 06.40 saja, karena di Korea jarang ada bus sekolah. Tak hanya itu, selesai jam sekolah adalah jam 10 malam. Coba kita bayangkan bagaiamana kalau di Indonesia pulang sekolahnya jam 10 malam??? mungkin akan ada aksi besar-besaran jikalau memang di Indonesia seperti itu, bisa jadi aksi yang lebih besar dari pada tahun 1998 (agak LEBAY.COM).

Orang korea juga mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi. Untuk julukan orang Korea yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi ini biasa dijuluki Korean F.O.B yang merupakan kepanjangan dari "Fresh Off the Bihaenggi" atau "Fresh Off the Boat". Biasanya Korean F.O.B menunjukkan rasa bangga akan negaranya dengan menggunakan produk dalam negeri, menggunakan Bahsa korea (menggunakan bahasa inggris jika terpaksa saja) dan biasanya pada saat berbicara nada suara selalu nyaring (melengking ataupun teriak), dll. Setelah searching di google, ada empat hal yang membedakan seseorang yang mendapatkan julukan Korean F.O.B yakni, Fashion, Social Preferences, Behavior toeard others, dan Accent.


Nah, kalau soal agama aku selalu penasaran apakah Korea ada penduduk asli yang beragama islam? karena  yang kita tahu mayoritas penduduk Korea adalah non-muslim. Namun setelah  bertanya dengan min chan dan searching di google  ternyata penduduk yang beragama islam juga banyak disana. Menurut Muslim Federation (KMF) jumlah penduduk muslim di Korea selatan sekarang ini mencapai 120.000-130.000 orang, yang terdiri dari muslim Korea asli dan para warga negara asing. Jumlah orang Korea asli yang muslim itu sekitar 45.000 orang. Katanya sih kebanyakan muslim Korea asli masuk islam saat perang korea.

Tidak hanya itu, di korea juga banyak dibangun mesjid. So, tidak masalah bagi kita umat islam yang ingin menetap disana ataupun hanya sekedar jalan-jalan saja. Apalagi aku yang memang berencana ingin berkunjung kesana dan mungkin menetap disana (Ngarep), dan gak menutup kemungkinan juga aku tar dapat jodoh disana (tentunya orang korea yang beragama islam donk). (ra)

Kalau mau bukti ini nih beberapa mesjid yang ada di korea....
서울 중앙 성원
(Central Masjid, Seoul)
광주 성원
 (Masjid Gwangju)
부산 성원
(Mesjid Busan Al-Fatah)
안양 성원
(Mesjid Anyang)
전주 성원
(Mesjid Jeonju) 

No comments: