Program Mahasiswa Wirausahawan (PMW)

Bapak Zaenuddin,  selaku Pudir III bidang kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam mensosialisasikan Program Mahasiswa Wirausahawan (PMW) diruang 608, yang dihadiri mahasiswa/i reguler tingkat 2 teknik informatika. PMW ini juga telah disosialisasikan pada kelas karyawan sebelumnya (14/04).

Sosialisasi ini hanya diberikan kepada mahasiswa/i tingkat 2 saja, dikarena tingkat 1 belum memenuhi persyaratan untuk kewirausahaan yang salah satunya adalah telah menyelesaikan minimal 60 SKS. Sedangkan pada tingkat 3 atau tingkat akhir telah memikirkan Tugas Akhir (TA) yang menyita waktu. Maka dari itu sosialisasi ini hanya ditujukan kepada mahasiswa/i tingkat 2 saja.

PMW ini memiliki empat tahapan yang nantinya akan dilaksanakan secara reguler, tahapan-tahapan tersebut yakni sebagai berikut :


  • 1.    Tahapan I berupa sosialisasi, pendaftaran, seleksi awal, dan pembekalan.
  • 2.    Tahapan II berupa pembentukan kelompok dan usulan bisnis, dan persentasi rencana bisnis.
  • 3.    Tahapan III berupa pencarian mitra magang.
  • 4.    Tahapan IV berupa operasional usaha, dan pendampingan.

Menurut pak zaenuddin "Dari tahapan-tahapan inilah nantinya mahasiswa/i akan terseleksi secara alamiah, karena tahapan ini akan rutin dilaksanakan (Reguler)"

Pembekalan ini hanya untuk mahasiswa/i yang berminat saja, namun tidak memiliki masalah dalam keademikan (semisal mendapat SP, dan tidak pernah mendapatkan nilai dengan grade E). Hal ini dikarenakan ketidak inginan dari pihak managemen Politeknik bahwa mahasiswa/i yang ingin mengikuti PMW ini hanya bertujuan sekedar pelampiasan saja,  maksudnya dalam akademik gagal maka mahasiswa/i menjadikan PMW sebagai pelampiasan kegagalan dalam akademik.

Pada sosialisasi PMW ini banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan mahasiswa/i kepada bapak Zaenuddin, ini artinya secara tidak langsung banyak mahasiswa/i yang berminat akan PMW. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada pak zaenuddin yaitu, “Apakah PMW bisa digabungkan dengan magang akademik pada saat semester 5/6 nantinya?” 

“Saya sebagai pengampu kewirausahaan akan mewancanakan PMW akan digabung dengan magang akademik, hanya saja berhubung PMW adalah program pertama Politeknik Negeri Batam hal ini belum bisa terlaksana pada tahun ini karena pada bulan oktober anggaran poltek sudah harus dilaporkan ke pusat” ujar pak zaenuddin.

PMW tidak ada hubungannya atau berpengaruh kepada nilai jika usaha tidak balik modal atau dengan kata lain gagal. Pesan pak zaenuddin “Jangan berfikir gagal terdahulu, timbulkan energi positif pada mindset tiap mahasiswa/i”. (ra)

No comments: