Komunitas Pecinta Alam (K-PAL) Politeknik Negeri Batam


 

K-PAL (kepal) adalah kepanjangan dari Komunitas Pecinta Alam, organisasi pecinta alam yang berada dikampus Politeknik Negeri Batam dan didirikan oleh mahasiswa/i dikampus tersebut.

Sejarah panjang Organisasi diPoliteknik Negeri Batam pernah mencatat K-PAL sebagai Oraganisasi yang memiliki pengaruh terbesar di kampus Politeknik Negeri Batam. Itu tidak lepas dari existensi K-PAL serta konsistensi dari pengurus K-PAL itu sendiri.

Namun siapa sangka jika pendirian K-PAL harus melalui proses yang cukup panjang dimana sebelum K-PAL resmi dibentuk, para pendiri/perintis K-PAL harus melakukan penelitian, pengkajian,dan uji kelayakan tentang organisasi tersebut.


K-PAL berdiri pada tanggal 15 Januari 2004 di Kampus Politeknik Negeri Batam yang didirikan oleh Deny Boy T, Ariv, Budi Kimba, Adin, Farid, Arya, Hardanis, Adit, Novian, Tamba W (perintis). Pada awal pendiriannya organisasi ini bernama MAPALA(Mahasiswa Pecinta Alam) seiring berjalannya organisasi ini maka pada ulang tahun MAPALA yang ke-2 nama MAPALA diganti menjadi K-PAL(kepal). Pergantian nama tersebut dikarenakan keinginan dari pengurus K-PAL yang menginginkan adanya Ciri khas tersendiri dari Pecinta Alam Politeknik Negeri Batam dengan organisasi mahasiswa pecinta alam yang ada dikampus-kampus lain. Jadi ketika orang menyebut K-PAL maka orang akan tau bahwa itu adalah organisasi Pecinta Alam yang ada di Politeknik Negeri Batam.

Pendirian organisasi ini dimulai pada tahun 2003 bermula dari keasyikan perintis dalam berorganisasi, diawali dari pengalamannya menjadi pengurus panitia OSPEK mereka merasa candu dan haus dalam beorganisasi. Dari situlah mereka mencoba melakukan penelitian dengan senior-senior mereka yang dianggap mau berbagi dan sharing pengalaman dalam beorganisasi pada saat itu tokoh-tokoh mahasiswa Politeknik Negeri Batam yang sangat peduli dan mau berbagi adalah salahsatunya Kenni Roger dan Edy Supardi.

Dari kedua tokoh itulah para perintis K-PAL mendapatkan ide untuk membentuk organisasi yang menampung hobi-hobi yang cenderung memacu adrenalin dalam hal ini pengurus memilih organisasi Pecinta Alam, setelah itu mereka mencoba mengkajinya lebih jauh dengan membuat quisioner yang mana quisioner tersebut dibagikan secara sampling kepada mahasiswa dan dosen-dosen Politeknik Negeri Batam.

Secara mengejutkan ternyata hasil dari quisioner yang disebar para audiens sangat antusias dan mendukung jika di Politeknik Negeri Batam mendirikan sebuah Organisasi tersebut.

Setelah itu perintis mulai intens membuat pertemuan-pertemuan yang membahas tentang pembentukan oraganisasi Pecinta Alam tersebut.
Dimulai pada Rapat I pada tahun 2004, pada rapat pertama ini membahas tentang syarat-syarat pembentukan organisasi baru di Politeknik Negeri Batam. Kemudian dilanjutkan pada rapat ke-II pada tanggal 15 Januari 2004 dimana pada rapat ke-II ini dihasilkan beberapa kesepakatan :
1. AD/ART.
3. Susunan Pengurus.
2. Dasar Pembentukan K-PAL, yaitu : "Menyalurkan Potensi, Kreatifitas dan Kecintaan Mahasiswa/i terhadap Alam serta adanya kepedulian mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam terhadap Lingkungan Batam pada umumnya dan Lingkungan Kampus Politeknik Negeri Batam pada Khususnya".

Setelah semua persiapan selesai maka kemudian pengurus mengajukan Proposal Pembentukan Organisasi Mapala ke Kampus Politeknik NegeriBatam, kemudian MAPALA diresmikan dan disahkan di Kampus Politeknik Batam dan disepakati pula pada tanggal 15 Januari 2004 sebagai tanggal pendirian K-PAL.

Berikut merupakan pengurus K-PAL Politeknik Negeri Batam (baru sampe pengurus k-4 ni....) 
Klik Link dibawah ini... 

1 comment:

Sadam Sadli said...

saya dari Poltekkes makassar ingin juga membentuk organisasi baru di kampus tpi tidak tau bikin proposal pengajuan pembentukan organisasi, jdi mohon kirimin contoh proposal pembentukan organisasi!!! makasich.....